Kamis, 06 Maret 2014

BDC VI 2014

 Ini adalah Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis dari setiap divisi
    1. Lomba Cepat Tepat (LCT)
      JUKLAK :
      1.LCT XXVI Kepalangmerahan dibagi menjadi 3 babak, yaitu:

      a. Babak Penyisihan
      Wira dan Madya ± 30 menit
      b. Babak Semifinal
      Wira dan Madya ± 30 menit / babak
      c. Babak Final
      Wira dan Madya ± 60 menit / babak
      2.   Soal akan dibacakan 2x.

      3.   LCT XXVI Kepalangmerahan dilaksanakan dengan sistem gugur. Regu-regu yang bertanding akan memperebutkan juara 1, 2, dan 3 berdasarkan perolehan nilai pada babak final.
      Pelaksanaan Babak Penyisihan:
      1.      Peserta yang mencontek maupun bertanya kepada kelompok lain atau penonton selama Babak Penyisihan akan didiskualifikasi.
      2.      Tidak ada penambahan waktu bagi peserta yang datang terlambat.
      3.      Akan dipilih 12 regu Wira 12 regu Madya untuk maju ke Babak Semifinal berdasarkan nilai yang diperoleh pada babak penyisihan.
       
      Pelaksanaan Babak Semifinal:
      1.      Termin pertama Babak Semifinal diikuti oleh 12 peserta.
      2.      Termin kedua Babak Semifinal diikuti oleh 6 peserta.
      3.      Babak Semifinal terdiri dari 2 tahap, yaitu Semifinal I, dan Semifinal II.
      4.      Regu dengan nilai akhir tertinggi akan maju ke babak final.
       
      Pelaksanaan Babak Final:
      1.      Babak Final diikuti oleh 3 regu.
      2.      Babak Final terdiri dari 2 tahap, yaitu tahap soal giliran dan tahap soal nilai bertingkat.
      3.      Regu dengan nilai akhir tertinggi akan menjadi juara 1.

      JUKNIS :
      Peraturan Umum LCT :
      1.      Peserta diwajibkan mengikuti upacara pembukaan.
      2.      Peserta diwajibkan menggunakan baju Pakaian Dinas Harian masing-masing pangkalan.
      3.      Setiap sekolah diwakilkan oleh maksimal 4 regu. Setiap regu berisi 3 orang peserta.
      4.      Peserta adalah anggota PMR sekolah yang bersangkutan
      5.      Peserta wajib menyertakan surat keterangan anggota PMR dari sekolah masing-masing pada saat pendaftaran sebagai bukti bahwa peserta adalah anggota PMR sekolah yang bersangkutan
      6.      Jika melanggar poin ke-4 akan dikenakan sanksi berupa diskualifikasi tim yang bersangkutan
      7.      Setiap regu dapat mengirimkan supporter atau penonton pada Babak Semifinal maksimal 5 orang.
      8.      Bagi penonton yang mengganggu berlangsungnya lomba, maka regu dari sekolah asal penonton akan didiskualifikasi.
      9.      Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
      10.  Materi yang digunakan adalah Kepalangmerahan.

      Peraturan Peserta LCT :
      1.      Peserta wajib menaati seluruh pedoman peserta.
      2.      Peserta mengenakan Pakaian Dinas Harian (PDH) asal pangkalan masing-masing, lengkap dan rapi.
      3.      Setiap regu terdiri dari 3 orang.
      4.      Peserta berada di sekitar ruangan lomba sebelum lomba berlangsung. Peserta hadir di ruangan yang telah ditentukan 10 menit sebelum lomba dimulai.
      5.      Peserta yang tidak hadir ke area lomba setelah dipanggil 3x akan dianggap mengundurkan diri.
      6.      Keputusan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
      7.      Amplop soal baru boleh dibuka dan soal dikerjakan setelah lomba dimulai.
      8.      Peserta dilarang membawa handphone, tablet, gadget ataupun barang sejenisnya ke dalam ruangan lomba.
      9.      Peserta dilarang membawa ataupun membaca catatan dalam bentuk apapun di dalam ruangan lomba.
      10.  Peserta akan diperiksa oleh Panitia Pelaksana sebelum memasuki ruangan lomba.
       
      Peraturan Suporter LCT:
      1.      Tidak diperkenankan membawa alat tulis ke dalam ruangan lomba.
      2.      Tidak diperkenankan membawa atau membaca catatan dalam bentuk apapun ke dalam ruangan lomba.
      3.      Dilarang membawa barang elektronik seperti walkman, discman, handphone, atau yang sejenisnya ke dalam ruangan lomba.
      4.      Dilarang keras memberikan:
            a. Jawaban ataupun kode baik secara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi saat   lomba berlangsung.
            b. Dukungan yang berlebihan.
      5.      Apabila supporter melanggar poin 4, maka:
      a. Soal dianggap gugur.
      b. Nilai peserta asal pangkalan supporter dikurangi 200 tanpa peringatan.
      c. Supporter akan dikeluarkan dari ruangan lomba.
      6.      Dilarang keluar masuk ruangan lomba tanpa seizin Panitia Pengawas Ruangan.
      7.      Dilarang keras membuat keributan atau kegaduhan selama kegiatan lomba berlangsung.
      8.      Supporter yang masuk ke ruangan lomba pada babak semifinal maksimal 5 orang dari masing-masing pangkalan.
      9.      Dilarang merusak sarana dan prasarana SMA Negeri 1 Bekasi.
      10.  Wajib mendukung berlangsungnya kegiatan.

      BABAK PENYISIHAN
      Kriteria Penilaian Soal Penyisihan :
      1.      Peserta akan diberikan 50 butir soal pilihan ganda.
      2.      Waktu pengerjaan adalah 30 menit.
      3.      Setiap regu mengisi jawaban dilembar soal yang diberikan.
      4.      Bila jawaban benar, akan diberi nilai 2. Total skor 100.
      5.      Bila jawaban salah akan mendapat nilai -1, dan bila tidak dijawab tidak mendapat nilai.

      BABAK SEMIFINAL I
      Kriteria Penilaian Soal TTS :
      1.      Soal TTS diberikan pada babak Semifinal I.
      2.      Setiap regu akan diberikan 25 soal TTS.
      3.      Soal TTS Madya terdiri dari Sejarah Kepalang Merahan, Lambang Kepalang Merahan, Pertolongan Pertama, Obat, Tandu. Sedangkan soal TTS Wira terdiri dari Pertolongan Pertama, Siaga Bencana, Sejarah Kepalang Merahan , dan Donor Darah.
      4.      Waktu pengisian TTS maksimal 20 menit.
      5.      Bila 1 jawaban benar akan mendapat nilai 100.
      6.      Bila salah tidak ada  pengurangan nilai.
      7.      Penialain dilakukan secara terbuka diakhir, dimana nilai dan waktu pengumpulan lembar jawaban berpengaruh pada penilain poin tiap regu.
      8.      12 besar regu pada babak Semifinal I akan diurutkan dari nomor 1 sampai 12 berdasarkan nilai dan wkatu pengumpulan lembar TTS. Regu yang mendapatkan nilai sama, akan diurutkan berdasarkan kecepatan pengumpulan lembar TTS. 6 besar regu dengan nilai tertinggi dan waktu tercepat akan masuk ke babak semifinal 2, sementara sisanya gugur.

      BABAK SEMIFINAL II
      Kriteria Penilaian Soal Spekulasi :
      1.      Kriteria Penilaian Soal Spekulasi
      2.      Soal spekulasi terdiri dari 10 soal pada babak semifinal 6 besar.
      3.      Soal spekulasi tingkat Madya terdiri dari Sejarah Kepalang Merahan, Lambang Kepalang Merahan, Pertolongan Pertama, Perawatan Keluarga, Penyakit Medis. Sementara soal spekulasi tingkat Wira terdiri dari Sejarah Kepalang Merahan, Siaga Bencana, Pendidikan Remaja Sebaya, Pertolongan Pertama, Donor Darah.
      4.      Setiap regu akan diberi 10 lembar kertas (dri panitia) untuk menuliskan skor yang akan dispekulasikan dan jawaban soal yang akan dibacakan.
      5.      Setiap regu pada permulaan babak semifinal akan diberi skor sebesar 2000
      6.      Setiap regu wajib menspekulasikan skornya minimal 100 atau lebih, skor yang dispekulasikan harus ditulis dibelakang kertas jawaban dan tidak boleh dirubah
      7.      Soal akan dibacakan setelah semua regu menuliskan skor yang dispekulasikan masing-masing.
      8.      Apabila regu benar menjawab soal, maka skor regu tersebut bertambah sesuai dengan skor yang dispekulasikan.
      9.      Apabila regu salah menjawab soal, makan skor regu akan dikurangi sesuai dengan skor yang dispekulasikan.
      10.  3 regu dengan skor tertinggi akan masuk ke babak final
      11.  Apabila ada kesamaan skor pada akhir babak, regu yang memiliki skor sama akan diberi 3 soal tambahan.

      BABAK FINAL
      Kriteria Penilain Soal Praktek :
      1.      Soal praktek diberikan pada babak Final.
      2.      Soal-soal yang dipertanyakan dijawab dalam bentuk praktek.
      3.      Batas waktu mengerjakan soal praktek adalah 1 menit.
      4.      Nilai pada soal praktek bergantung pada kebijakan juri.

      Kriteria Penilaian Soal Bertingkat :
      1.      Soal bertingkat diberikan pada babak Final.
      2.      Terdapat 10 buah soal bertingkat. Nilai setiap pertanyaan mengalami kenaikan. Soal pertama berinilai 100, soal kedua bernilai 200, dan seterusnya hingga pertanyaan ke 10 bernilai 1000.
      3.      Soal dapat dilempar bila peserta yang pertama kali memencet bel tidak dapat atau salah menjawab.
      4.      Regu dapat menjawab setelah dipersilahkan oleh panitia.
      5.      Regu yang memencet bel namun tidak dapat atau salah menjawab dalam waktu 5 detik, maka regu tersebut mendapat pengurangan nilai sebesar ½ dari nilai soal.
      6.      Bila menjawab benar akan diberi nilai sesuai nilai soal.
      7.      Bila soal belum selesai dibacakan tetapi salah satu regu telah memencet bel, maka pembacaan soal dihentikan.
      8.      Pada soal-soal uraian bila menjawab ¾ dari jawaban yang benar, maka mendapat nilai ¾ dari soal. Jika menjawab ½ dari jawaban yang benar, maka mendapat nilai ½  dari soal. Jika menjawab ¼  dari jawaban yang benar, maka mendapat nilai ¼  dari soal.

      Kriteria Penialain Soal Rebutan :
      1.      Soal rebutan diberikan pada babak Final.
      2.      Terdapat 10 buah soal rebutan.
      3.      Soal dapat dilempar bila penjawab yang pertama kali menekan bel tidak dapat atau salah menjawab.
      4.      Regu yang menekan bel, namun tidak dapat atau salah menjawab dalam waktu 5 detik, maka regu tersebut mendapat pengurangan sebesar 50.
      5.      Bila soal belum selesai dibacakan, tetapi salah satu regu telah menekan bel, maka pembacaan soal dihentikan, dan regu yang memencet bel harus menjawab.
      6.      Namun, bila regu tersebut tidak bisa menjawab, maka pertanyaan akan dilempar ke regu lain. Namun pembacaan soal tidak dilanjutkan.
      7.      Bila jawaban benar akan diberi nilai 100.
      8.      Regu dapat menjawab setelah memencet bel, dan dipersilakan oleh panitia.
      9.      Pada soal-soal uraian bila menjawab ¾ dari jawaban yang benar, maka mendapat nilai 75 dari soal. Jika menjawab 50 dari jawaban yang benar, maka mendapat nilai ½  dari soal. Jika menjawab ¼  dari jawaban yang benar, maka mendapat nilai 25. Jawaban dapat disempurnakan oleh regu lain dengan tata cara penilaian yang sama.

      Kriteria Penilaian Soal Pilihan :
      1.      Soal diberikan pada babak Final.
      2.      Setiap regu berkesempatan memilih salah satu dari 3 paket soal ( a b c) yang disediakan oleh panitia.
      3.      Untuk tingkat Madya setiap paket soal terdiri dari 3 soal seputar Sejarah Kepalang Merahan, Lambang Kepalang Merahan, Pertolongan Pertama, Perawatan Keluarga, Tanaman Obat Keluarga. Sementara tingkat Wira setiap paket soal terdiri dari  3 soal seputarSejarah Kepalang Merahan, Siaga Bencana, Pendidikan Remaja Sebaya, Donor Darah.
      4.      Soal akan dibacakan 2 kali.
      5.      Soal tidak dapat dilempar ke regu lain apabila regu tersebut tidak dapat atau salah menjawab.
      6.      Bila jawaban benar akan diberi nilai 100.
      7.      Bila jawaban salah tidak ada pengurangan nilai.
      8.      Pada soal-soal uraian bila menjawab ¾ dari jawaban yang benar, maka mendapat nilai 75 dari soal. Jika menjawab 50 dari jawaban yang benar, maka mendapat nilai ½  dari soal. Jika menjawab ¼  dari jawaban yang benar, maka mendapat nilai 25. Dan jika menjawab dengan lengkap dan benar maka akan diberi nilai 100.
      9.      Tidak ada soal penyakit.
      10.  Jeda waktu menjawab adalah 7 detik, setelah itu soal dianggap gugur dan dilanjutkan ke soal berikutnya.

      2.      Lomba Gerak Jalan (LGJ)

      1.     Peserta wajib menyertakan fotocopy kartu pelajar atau surat keterangan sekolah yang telah di tandatangani oleh Pembina PMR dari sekolah masing-masing                  2.      Peserta wajib menaati seluruh pedoman peraturan peserta 3.      Setiap regu berjumlah 6 orang (1 caraka), putra dan putri terpisah                          4.      Masing-masing sekolah maksimal mengirim 4 regu (2 putra & 2 putri)                     5.    Peserta mengenakan Pakaian Dinas Lapangan asal pangkalan masing-masing lengkap dan rapi                                                                                                               6.      Peserta wajib memakai kartu peserta selama lomba berlangsung                            7.      Urutan sesuaikan dengan panitia.                                                                                8.      Apabila telat dikenakan minus 100 point, dan mendapatkan urutan terakhir.                9.      Peserta wajib membawa :
      1.      Alat tulis (meliputi Papan Lapangan, kertas HVS min.2 lbr, pulpen 1 buah)
      2.      Alat dan Bahan untuk pos kreasi
      3.      Air mineral 3 liter (2 botol@1,5liter)
      4.      6 buah jas hujan (Wajib)
      5.      1 buah tas yang dibawa oleh ketua regu
      6.      1 buah tongkat caraka yang dibawa oleh ketua regu
      7.      Tas mitela dan tas bidai di bawa oleh wakil ketua regu
      10.  Ketentuan Isi tas PP :
      1.      Masker dan Sarung Tangan Lateks (3 pasang)
      2.      Kassa Gulung (2 ukuran), Kassa Steril (1 box)
      3.      Betadine dan Rivanol
      4.      Gunting, Pinset, Peniti, dan Senter
      5.      Oksigen
      6.      13 Mitela dan Selimut
      7.      Perlak
      8.      Kartu luka
      11.  Peserta harus berada di pos pemberangkatan tepat pukul 08.30 WIB                       12.  Peserta yang telah mendapatkan panggilan sebanyak 3x tidak juga hadir, maka peserta tersebut dinyatakan gugur, Sampai peserta terakhir diberangkatkan                 13.  Peserta tidak diperkenankan membawa :
      1.      Tas kecuali ketua regu
      2.      Alat komunikasi dan pengukur waktu (jam, stop watch, handphone, dsb.)
      3.      Catatan dalam bentuk apapun
      4.      Makanan (Selain Ketentuan panitia)
      5.      Uang
      6.      Benda tajam kecuali gunting dan cutter yang akan dipergunakan di pos kreasi
      7.      Narkotik atau obat perangsang dan sejenisnya
      14.  Apabila diketahui dengan sengaja menggunakan alat pengukur waktu jenis apapun dan membawa catatan dalam bentuk apapun maka dinyatakan gugur                           15.  Apabila diketahui dengan sengaja mengganti personil ditengah perjalanan atau menaiki kendaraan umum dinyatakan gugur                                                                    16.  Apabila deketahui dengan sengaja memotong jalan maka dinyatakan gugur             17.  Apabila panitia beserta tim mengetahui bahwa ada pembina atau pelatih yang mendampingi peserta maka peserta akan gugur                                                                  18.  Di setiap pos, peserta wajib meminta tanda tangan dari petugas pos sebagai bukti telah melewati pos tersebut                                                                                             19.  Tidak diperkenankan merusak keindahan lingkungan selama perjalanan                 20.  Dilarang membeli makanan dan minuman di tengah perjalanan                                  21.  Panjang rute madya 6,0 km sedangkan panjang rute wira 7,0 km                                        22.  Penunjuk arah berupa palang merah untuk berbelok ke kanan dan “Lambang Palang merah”  untuk berbelok ke kiri “Lambang PMI”                                                                  23.  Penilaian dilihat dari ketepatan waktu, penilaian tiap pos dan poin hukuman                       24.  Setiap regu berhak dinobatkan menjadi Juara I, II, dan III sesuai dengan jumlah total poin yang diraih

      Teknis acara

      1.      Pos Keberangkatan
      Proses :
                                                                i.            Pemeriksaan Barang-barang
                                                              ii.            Pemberian blanko waktu peserta
                                                            iii.            Pemberian rute/peta
                                                            iv.            Pemberian kantong plastik

      2.      Pos I (Teori)
      Proses :
                                                           i.      Peserta melapor ke panitia untuk waktu masuk dan waktu tunggu
                                                         ii.      Regu yang masuk ke pos maksimal 4 regu
                                                       iii.      4 regu tersebut memilih paket soal @ 10 soal
                                                       iv.      Paket soal A, B, C, D, E
                                                         v.      Setelah selesai, meminta waktu keluar dan mendapat paraf panitia di blanko ketika keluar pos
      Peraturan :
                                                                       i.            Paket soal tidak boleh di coret
                                                                     ii.            Waktu maksimal mengerjakan soal 10 menit
                                                                   iii.            Saat mengerjakan hanya membawa alat tulis

      3.      Pos II (Praktek PP)
      Proses:
                                                              i.            Peserta melapor ke panitia untuk waktu masuk dan waktu tunggu
                                                            ii.            Regu yang masuk ke pos maksimal 3 regu
                                                          iii.            Tiap regu tersebut memilih paket soal
                                                           iv.            Soal terdiri dari 5 paket @ 1 soal
                                                             v.            Tiap regu ditemani 1  juri PMI
                                                           vi.            Korban dipilih oleh juri
                                                         vii.            Setelah selesai, meminta waktu keluar dan mendapat paraf panitia di blanko ketika keluar pos
       
        Peraturan :
                                                              i.            Waktu maksimal 13 menit untuk praktek
                                                            ii.            Alat-alat dibawa oleh masing-masing regu
                                                          iii.            Tidak boleh membawa peralatan lain selain yang telah ditentukan
                                                           iv.            Waktu 5 menit untuk penjelasan juri dan merapihkan alat
                                                             v.            Tidak boleh membuang sampah sembarangan 
        
      4.      Pos III (TOGA)
      Proses :
                                                              i.            Peserta melapor ke panitia untuk waktu masuk dan tunggu
                                                            ii.            Peserta melihat dan meraba tanaman, lalu harus menebak nama pohon Toga beserta fungsinya
                                                          iii.            Terdapat 10 tanaman Toga yang harus ditebak
                                                           iv.            Regu yang masuk ke pos maksimal 2 regu
                                                             v.            Setelah selesai, meminta waktu keluar dan mendapat paraf panitia di blanko ketika keluar pos
           Peraturan :
                                                              i.            Waktu maksimal 10 menit untuk menebak seluruh tanaman Toga
                                                            ii.            Tidak boleh membawa catatan atau alat bantu mengingat apapun
                                                          iii.            Tidak diperkenankan merusak tanaman Toga


      5.      Pos IV (Kreasi)
      Proses :
                                                              i.            Peserta melapor ke panitia untuk waktu masuk dan tunggu
                                                            ii.            Peserta memposisikan tempat di pos untuk merancang kreasi
                                                          iii.            Setelah selesai, meminta waktu keluar dan mendapat paraf panitia di blanko ketika keluar pos
      Peraturan :            
                                                              i.            Kreasi berupa kreasi/hasta karya dan sudah 50% jadi dan berupa 3 Dimensi bertemakan “bencana alam”
                                                            ii.            Waktu 10 menit untuk melanjutkan pembuatan karya
                                                          iii.            Menggunakan unsur/bahan dari sampah yang dikumpulkan saat perjalanan
                                                           iv.            Tidak diperkenankan menggunakan sterofoam




      6.      Pos Evaluasi
                                                           i.      Peserta lapor kepada panitia ketika telah sampai
                                                         ii.      Peserta menyerahkan blanko waktu peserta kepada panitia
                                                       iii.      Mengisi lembar kritik dan saran                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                




      Point Hukuman
      Peserta yang melanggar tata tertib/peraturan yang telah ditentukan, maka akan dikenakan Angka Hukuman, antara lain :
      a.      Mengganti anggota regu maka peserta akan di diskualifikasi
      b.      Memotong jalan maka peserta akan di diskualifikasi
      c.       Apabila peserta telat maka point akan dikurangi -100 dan mendapatkan urutan terakhir
      d.      Menggunakan alat pengukur waktu jenis apapun maka peserta akan di diskualifikasi
      e.      Membawa catatan dalam bentuk apapun maka peserta akan di diskualifikasi
      f.        Menggunakan benda tajam selain gunting dan cutter secara tidak semestinya selama perjalanan maka nilainya –200
      g.      Anggota regu berkurang maka nilainya –200
      h.      Apabila salah satu anggota regu sakit maka tidak dapat digantikan dan regu yang bersangkutan akan dikenakan sanksi -200
      i.        Peserta membeli atau diberi makanan dan minuman di tengah jalan maka nilainya –200
      j.        Peserta menaiki kendaraan jenis apapun maka akan di diskualifikasi


      3.      Lomba Tandu Tutup Mata (LTTM)

      JUKLAK            :
      1.      Setiap tim terdiri dari 2 orang.
      2.      Pada saat pendaftaran, peserta wajib memberikan surat keterangan bahwa yang bersangkutan merupakan siswa dari PMR sekolah tersebut yang ditandatangani oleh pembina PMR dari sekolah masing-masing.
      3.      Jika panitia mengetahui bahwa ada pemain yang bukan berasal dari sekolah tersebut, maka seluruh peserta lomba LTTM dari sekolah tersebut akan didiskualifikasi.
      4.     Nomor urut peserta akan diurut sesuai dengan nomor urut daftar ulang.
      5.      Lapangan dibagi 8 kotak. Setiap season terdiri dari semua peserta putra/putri/campuran.
      a.      4 kotak pertama diperuntukan oleh PMR Madya.
      b.      4 kotak kedua diperuntukan oleh PMR Wira.
      6.      Satu season putra akan diberi waktu 14 menit dengan rincian sebagai berikut.
      a.      Peserta akan diberi kesempatan 3 kali panggilan untuk masuk ke arena perlombaan. Apabila melebihi kesempatan tersebut peserta dianggap mengundurkan diri.
      b.      Peserta akan diberi waktu 6 menit untuk membuat tandu.
      c.       Juri akan diberi waktu 5-8 menit untuk menilai.
      Satu season campuran akan diberi waktu 14 menit dengan rincian sebagai berikut.
      a.        Peserta akan diberi kesempatan 3 kali panggilan untuk masuk ke arena perlombaan. Apabila melebihi kesempatan tersebut peserta dianggap mengundurkan diri.
      b.        Peserta akan diberi waktu 6 menit untuk membuat tandu.
      c.         Juri akan diberi waktu 5-8 menit untuk menilai.
      Satu season putri akan diberi waktu 15 menit dengan rincian sebagai berikut.
      a.        Peserta akan diberi kesempatan 3 kali panggilan untuk masuk ke arena perlombaan. Apabila melebihi kesempatan tersebut peserta dianggap mengundurkan diri.
      b.        Peserta akan diberi waktu 7 menit untuk membuat tandu.
      c.         Juri akan diberi waktu 5-8 menit untuk menilai.
      7.      Sebelum memasuki arena perlombaan, peserta harus menandatangani lembar pengambilan bambu. Seusai lomba, peserta wajib mengembalikan bambu ke tempat semula dan menandatangani lembar pengembalian bambu.
      8.      Pertandingan dimulai dengan aba-aba dari panitia “3,2,1 mulai”.
      9.      Satu kali peringatan untuk suporter yang memberi bantuan kepada peserta. Saat peringatan kedua, poin akan dikurangi sebanyak 25 poin.
      10.  Penilaian meliputi:
      a.      Kekuatan        = 40 %
      b.      Kecepatan      = 20 %
      c.       Kerapian        = 40 %
      11.  Penilaian kekuatan akan dilakukan oleh peserta dengan cara diinjak menggunakan satu kaki.
      12.  Penilaian kerapian akan dinilai oleh juri
      13.  Sebelum lembar penilaian ditandatangani, peserta boleh mengajukan protes dan pendapat kepada juri dengan sewajarnya.
      14.  Point dihitung bersama juri atau asisten juri dengan peserta. Setelah ditandatangani, tidak ada yang diperbolehkan mengajukan protes. Jika mengajukan protes, dikenakan sanksi berupa diskualifikasi.
      15.  Penilaian akan dihitung dengan skor yang ada dan disaksikan oleh pantia LTTM. Panitia tidak boleh terpengaruh oleh pihak manapun.


      JUKNIS                       :
      1.      Peserta wajib datang ke arena lomba pada panggilan pertama sebelum lomba dimulai. Jika setelah 3 kali panggilan dan peserta belum berada di arena lomba, maka peserta akan dianggap mengundurkan diri.
      2.      Peserta wajib memakai Pakaian Dinas Lapangan (PDL) pangkalan masing-masing.
      3.      Peserta wajib mengisi identitas yang disediakan oleh panitia.
      4.      Peserta mengambil sendiri bambu yang digunakannya dengan persyaratan mengisi dan menandatangani lembar pengambilan bambu terlebih dahulu.
      5.      Peserta boleh menaruh mitela di mana saja pada saat lomba sedang berlangsung.
      6.      Sebelum pertandingan, kedua mata peserta ditutup oleh asisten juri dengan penutup mata yang telah disediakan oleh panitia.
      7.      Waktu maksimal       : Putra = 6 menit
        Putri = 7 menit
        Campuran = 6 menit
      8.      Waktu minimal          : Putra = 2 menit
        Putri = 3 menit
        Campuran = 2 menit
      9.      Peserta yang melebihi waktu maksimal akan diberhentikan dan dihitung point seadanya.
      10.  Peserta dianggap selesai apabila telah mengatakan “tandu siap”.
      11.  Penilaian dinilai oleh juri yang telah ditentukan oleh panitia lomba.
      12.  Cara mengukur kekuatan dengan diinjak menggunakan satu kaki dan tidak ada pergerakan sedikit pun dari awal.
      13.  Peserta boleh mengajukan pendapat pada saat juri sedang menilai.
      14.  Lembar penilaian akan disahkan apabila sudah terdapat tanda tangan dari peserta dan panitia serta telah disepakati oleh peserta.
      15.  Keputusan juri setelah lembar penilaian ditandatangani tidak dapat diganggu gugat.
      16.  Nilai peserta akan diakumulasikan dengan peserta lain apabila telah mengembalikan bambu. Jika tidak dikembalikan, nilai peserta tidak akan diakumulasikan. 

      PERATURAN  :
      1.   Selimut harus dipasang secara diagonal dan dilipat. Selimut boleh menyentuh tanah.
      2.      Sudut 90° diukur dari sisi bagian dalam.
      3.      Jarak bambu panjang ke blandar 23-25 cm diukur dari bambu ke bambu.
      4.      Jarak ujung blandar ke bambu panjang 3-5 cm diukur dari bambu ke bambu.
      5.      Lebar tandu 38-45 cm diukur dari sisi bagian luar.
      6.      a. Jika jumlah jarak antara simpul jangkar 19-21 cm ada yang lebih/kurang dari 16 , jarak antar simpul jangkar tetap dihitung dengan jumlah simpul jangkar yang ada.
      b. Jarak antar simpul jangkar 19-21 cm diukur dari simpul jangkar terluar ke simpul jangkar terluar selanjutnya.
      7.      Penilaian kekuatan dilakukan oleh peserta dengan cara diinjak dengan 1 kaki, tidak ada pergerakan diawal dan diakhir.
      8.      Jika tali pengaman putus di tengah saat ditarik (bukan lepas dari ikatan di bambu) tetap mendapat nilai.
      9.      Pemasangan mitela seperti biasa. Tidak boleh membuat bolongan/bentuk cincin terlebih dahulu pada mitela sebelum permainan berlangsung.
      10.  Jika peserta membuat bolongan/bentuk cincin terlebih dahulu, maka akan dikurangi sebesar 25 poin.
      11.  Lilitan atas boleh dibuat secara bertumpuk (tidak harus rapi), yang penting jumlahnya harus tiga.
      12.  Lilitan tengah harus 3.
      13.  Simpul pangkal cukup 2. Jika ada 4 simpul pangkal, tetap dinilai 2.
      14.  a. Simpul jangkar semuanya harus full tertutup rapat (tidak harus dikebawahin).
      b. Jika jumlah simpul jangkar ada yang lebih/kurang dari 14, simpul jangkar tidak dihitung sama sekali (nilai simpul jangkar = 0) tetapi ukuran 19-21 cm tetap dihitung.
      c. Jika ada satu simpul jangkar yang terbuka, simpul jangkar tersebut tidak dihitung dan 2 jarak antar simpul jangkar yang mengapit simpul yang terbuka juga tidak dihitung.
      15.  Kerapihan meliputi    : - Sisa tali
      -   Ketegangan mitela (harus menutupi jangkar pertama)
      -   Lilitan tengah letter “S” (harus lurus dan terlilit, tidak terkait)
      16.  Jika waktu pembuatan tandu melebihi batas maksimal, nilai waktu tidak dihitung.



      4.      Poster

      Ø  Peraturan Lomba Poster
      1.      Setiap sekolah mengirimkan max 2 tim
      2.      Setiap tim terdiri dari 2 orang
      3.      Peserta adalah anggota PMR sekolah yang bersangkutan
      4.      Peserta masuk ke ruangan lomba hanya membawa alat perlengkapan untuk membuat poster.
      5.      Tema Poster wira dan madya “Sebuah Aksi untuk Kemanusiaan”
      6.      Poster merupakan hasil karya sendiri, tidak pernah diperlombakan, ataupun dipublikasikan.
      7.      Tidak mengambil dari sumber manapun (tidak mengandung plagiatisme)
      8.      Tidak mengandung  unsur  SARA dan pornografi
      9.      Untuk alat-alat disiapkan oleh masing-masing peserta kecuali kertas gambar A3
      10.  Untuk lomba poster ini tidak diperbolehkan menggunakan Cat air ataupun Cat minyak dan jika menggunakan pensil warna, krayon, dan spidol  diharapkan menjaga kebersihan ruangan.
      11.   Dilarang meminjam barang/alat tulis dan semacamnya kepada peserta lain.
      12.   Tidak diperbolehkan membawa gunting, cutter, pisau, atau benda tajam lainnya.
      13.  Peserta duduk di kursi dan meja yang sesuai dengan nomor peserta yang diberikan panitia pada saat daftar ulang.
      14.  Waktu yang diberikan untuk mengerjakan poster adalah 2 jam.
      15.  Peserta akan diberikan blangko nilai, dan peserta wajib mengisi identitas yang telah disediakan.
      16. Peserta dilarang membawa handphone, kertas, foto, ataupun barang sejenisnya ke dalam ruangan lomba.
      17.   Peserta dilarang membawa alat pengukur waktu (Jam / stop watch)
      18.   Peserta dilarang  melihat contoh poster pada saat lomba berjalan.
      19.   Orang tidak berkepentingan dari sekolah peserta  dilarang masuk ke area perlombaan.
      20.   Peserta akan diperiksa oleh Panitia Pelaksana sebelum memasuki ruangan lomba.
      21. Harus disertai dengan penjelasan untuk ide poster tersebut dengan cara dipresentasikan maksimal  4 menit di depan juri.
      22.   Peserta diwajibkan menggunakan baju PDL.
      23.   Peserta datang tepat waktu, tidak ada penambahan waktu.
      24.   Penilaian bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.


      Ø   Kriteria Penilaian
      Poster mempunyai nilai point max 500 dari penilaian
      o   Keindahan       :  20 % (angka : 1-100)
      o   Kerapihan        :  20 % (angka : 1-100)
      o   Kebersihan      :  20 % (angka : 1-100)
      o   Kreatifitas       :  20 % (angka : 1-100)
      o   Presentasi       :  20 % (angka : 1-100)
      Ket : penilaian diambil dari 20 % dari nilai 500

      Ø   Sanksi
      1.  Peserta yang terlambat tidak akan mendapat  tambahan waktu (peserta akan dipanggil sebanyak 3 kali oleh panitia)
      Keterlambatan peserta :
            5 - 15 menit                : pengurangan poin sebanyak 60
            > 15 menit                   : peserta didiskualifikasi
      Ket : waktu terlambat peserta akan dihitung pada saat panitia telah memanggil peserta sebanyak 3 kali
      2.      Peserta melihat contoh gambar pada saat lomba berjalan akan didiskualifikasi
      3.   Orang yang tidak berkepentingan masuk ke dalam ruangan lomba, maka peserta dari sekolah asal orang tersebut akan dikenakan pengurangan point 30.
      4.      Membawa alat penghitung waktu peserta akan dikurangi poin sebanyak 100
      5.      Mengganggu peserta lain atau berbuat gaduh, maka peserta akan dikenakan pengurangan point 20
      6.  Ketika waktu pengerjaan poster telah habis, tetapi peserta masih mengerjakan poster, maka akan dikenakan pengurangan poin sebanyak 40
      7.   Peserta tidak mendapat nilai presentasi  jika peserta tidak hadir dalam presentasi (peserta akan dipanggil sebanyak 3 kali oleh panitia)
      8.     Apabila diketahui mengambil dari suatu sumber, maka akan dikenakan pengurangan point sebanyak 150.




      Ø  Tambahan
      o   Jika peserta telah menyelesaikan pengerjaan poster sebelum waktu yang ditentukan, maka peserta tetap di dalam ruangan sampai waktu pengerjaan habis dan tidak mengganggu peserta lain atau berbuat gaduh.
      o   Setelah waktu pengerjaan habis, peserta diharapkan menunggu di luar ruangan untuk menunggu giliran presentasi.

Tidak ada komentar: